Cara scammer mencuri identitas profile pengguna facebook

facebook-logo

trik ini di tulis untuk sebagai pengetahuan mengenai keamanan data pada website social networking seperti facebook, bukan untuk di praktekan..

jika ada seorang scammer atau penipu.. inilah tindakan yang biasa mereka lakukan untuk mencuri identitas profile para pengguna facebook:

Langkah 1: mencari korban dengan kirim permintan menjadi teman (friend request) ke beberapa profile orang di myspace atau friendster secara acak .. beberapa dari mereka pasti menerima permintaan tersebut. kemudian kumpulkan semua data teman-teman mereka

Langkah 2: buka facebook dan cari teman-teman mereka itu, jika menemukan profile mereka, coba kirim permintaan menjadi teman (friend request) di facebook. tunggu mereka menerima permintaan tersebut.

Langkah 3: jika mereka telah menerima permintaan tersebut, bandingkan data teman-teman mereka di MySpace dan di facebook, buat daftar mereka yang terdaftar di MySpace tetapi tidak terdaftar di facebook. ambil foto-foto mereka beserta data profile nya dan buat profile palsu yang meyakinkan di facebook, nah sekarang kirim permintaan menjadi teman (friend request) ke korban di facebook

sebagai bonus, orang-orang lain yang adalah teman korban akan melihat profile palsu tersebut dan akan coba menghubungi profile palsu ini, tentu jika mereka mengirim permintaan menjadi teman harus di terima.. semua ini terjadi karena faktanya facebook meng sugestikan bahwa profile palsu ini adalah teman dari teman mereka

Langkah 4: nah sekarang scammer bisa mulai beraksi.. bagaimana caranya? karena scammer sudah menjadi teman mereka dan mereka sudah percaya itu. mulailah memperdayai mereka dengan bertanya.. hanya cuma teman yang berani bertanya hal-hal tertentu.. misalnya: “hai pinjam duit donk.. lagi butuh nih gue” atau yang lainnya bisa dimulai dengan basa basi dulu..

banyak hal yang bisa terjadi dengan percakapan ini.. dan bisa berlanjut ke dunia nyata sehari-hari, kemudian scammer bisa mencuri uang dari korban dan modus lain-lain. teknik ini disebut hijacking existing social networking accounts. ada banyak kasus yang sudah terjadi dan memakan banyak korban.

jadi website social networking memang sangat menyenangkan, membuat anda terhubung dan menemukan banyak teman maupun orang lain di seluruh dunia.. namun waspadalah karena ada banyak penjahat cyber di luar sana yang siap mencuri identitas profile anda..

3 responses to this post.

  1. payah kw……

    Balas

  2. Posted by Tai on 24 April 2010 at 15:57

    Mana Caranya ???!!!! Dasar sapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii keselahu.. payah looooo !!!!

    Balas

  3. dasar kucing anak monyet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: