suara hati seorang ibu..

mom2

ibu…

entah apa yang bisa kita gantikan dari sesuatu yang bernama ibu..?? dia lebih dulu melihat apa yang belum kita lihat..dan dia lebih dulu merasakan sesuatu yang belum pernah kita rasakan..

mum2

tapi apakah kita tau,,semua yang kita lakukan membahagiakan dirinya atau tidak?? bagi anda semua yang merasa telah melakukan yang terbaik untuk ibu anda sendiri, berbahagialah, karena anda tidak akan pernah menyesal. tapi bagi anda belum melakukan hal terbaik untuk ibu anda, saran gue, baca n renungkan suara hati seorang ibu yang akan gue kasih tau disini..

Pesan seorang ibu, ketika ditinggalin anaknya hidup sendirian :

“Dulu, ketika aku menikah, tidak pernah berpikir punya anak seperti apa, gimana jaganya, biayainya sekolah hingga lulus kuliah nanti… tapi kujalankan saja…

Ketika melahirkan dirinya, hampir diriku menyerah, tapi demi melihatnya lahir ke dunia ini, tumbuh besar dan menjadi anak yang berguna, aku terus berjuang, walaupun harus berkorban diri ini demi kehadiran dirinya di dunia ini…

Dia telah lahir ke dunia ini, pertama kali melihatnya, ada perasaan bergejolak di diriku, aku terharu dan bangga sekali bisa membawanya ke dunia ini, aku berjanji, apapun yang terjadi, gimanapun susahnya hidup ini, anak ini harus kubesarkan dengan kedua tanganku…

Tidak mudah untuk membesarkan dirinya, dia bandel sekali ketika kecil, suka bermain lupa waktu, berteman dengan anak-anak nakal, tidak mau makan, susah disuruh mandi, susah dibujuk tidur waktu malam hari, kadang dia marah dan bentak padaku, kadang dia mengejekku, kadang juga dia menghinaku…

Ketika besar, dia merasa diriku terlalu membatasi dirinya, ini tidak boleh, itu tidak boleh, dia juga merasa aku terlalu kolot, ketinggalan jaman, tidak mengerti apa maunya, tidak setuju terhadap setiap kelakuannya…

Kadang sakit hati sekali diriku ini, tapi ingat ketika pertama kali menggendongnya, ketika melahirkannya, semua sakit ini hilang seketika… dia adalah anakku, anak kesayanganku…

Aku telah berjanji akan membesar dirinya, apapun yang terjadi, rintangan apapun yang kuhadapi, karena dia anakku… Harapanku besar kelak dia bisa menjadi anak yang berguna… Aku cinta padamu, anakku…

Karena kau lah, yang memberikan kekuatan pada diriku, membuatku mau bekerja keras pagi-siang-sore-malam, tidak takut akan sakit, derita.. Karena kehadiran dirimu lah membuat diriku ada artinya, bisa membesarkan dirimu dan mendengarkanmu memanggilku IBU, sungguh senang rasanya hati ini…

Aku tidak berharap banyak, hanya suatu saat, ketika dirimu sudah besar, kamu dapat menjadi anak yang baik, bisa hidup yang enak. Ibu mungkin sudah tua, tidak bisa hidup lama lagi, badanku ini sekarat, kerutan muka sudah banyak, perjalananku tidak lama lagi.

Anakku, jika kamu bekerja keras, tidak perlu sampai memberikan rumah yang bagus, uang yang banyak, semuanya itu untuk dirimu saja. Ibu hanya berharap kamu mau menyisihkan sedikit waktumu untuk menemani masa-masa tua ibu, bisa disamping ibu dan ngobrol dengan ibu, itu sudah lebih dari cukup…

Ibu Bangga denganmu, nak, mungkin tidak pernah terucap lewat kata, tapi ini ibu rasakan dari lubuk hati yang dalam… Maafkan jika selama ini ibu pernah marah denganmu, memukulimu, melarangmu ini itu, semua ini demi kebaikanmu, nak…

Ibu Cinta padamu… dari dulu, sekarang, dan selamanya…”

lakukan lah yang terbaik yang bisa anda lakukan untuk seseorang yang bernama IBU..

karena dia menjada mu hanya sekali..merawatmu hanya sekali, melindungimu hanya sekali..dan bersamamu di dunia ini juga hanya sekali..

momdead1

DAN SEBELUM SEMUANYA TERLAMBAT….!!!

15 responses to this post.

  1. Posted by dhiny on 13 April 2009 at 02:11

    Saya bukan tipe yg berbakti sekali dengan orang tua, ingat jasa-jasa orang tua, apalagi tahu pengorbanan orang tua, tapi bukan tipe durhaka juga.. tipe biasa-biasa aja, tidak melihat berat soal harus berbakti orang tua. Waktu dulu sekolah, pikiran paling besar nanti, sekolah tinggi-tinggi, cari kerja/bisnis yang bagus, pas orang tua gak bisa kerja lagi, ya wajib jagain, khan udah biayain saya hingga lulus kuliah.. Itu aja… hehe..
    Tapi waktu kecil dulu, bokap dan nyokap sering berantem, bokap sering mukulin nyokap. Setahu saya, nyokap stress juga, keliatan mukanya udah pasrah dan hidup bertahan saja.
    Singkat kata (lain kali baru cerita ya ), suatu hari, waktu itu saya kelas 3 SMU, baru pulang sekolah, singgah di toko. Nyokap lagi jaga, mukanya sedih.. Saya tahu pasti dipukulin bokap! langsung saya tanggapi : “Ma, saya udah jenuh, ntar juga saya bunuh papa! mau sampai kapan hidup seperti ini? Fisik saya udah bisa ngalahin papa nih, tenang aja! ”
    Nyokap diam… Sambil menitikkan air mata.. Waktu itu, saya pikir, mungkin nyokap sedih kenapa harus sampai begini… Mau melarang saya, diapun udah pasrah dan bosan dengan sikap bokap, mau mendukung, ntar anaknya jadi pembunuh mau gimana??

    Balas

  2. Posted by vj on 13 April 2009 at 02:12

    i am sorry if i hurt your feeling n make u cry mom
    deep inside i will always love n care about you

    Balas

  3. Posted by dul on 13 April 2009 at 02:14

    thanks bro…
    good posting…

    Gua sangat bersyukur, meskipun gak pny papa lagi (meninggal), tapi Tuhan Yesus memberikan mama kekuatan untuk membimbing, menjaga dan menyayangi kami…
    thanks God n Mom…
    i’m the lucky boy…

    Balas

  4. Posted by princess_vntium on 13 April 2009 at 02:15

    jd nangis saya bos inget ibu… jd inget 2 hari yg lalu tiba2 nyokap gw minta maap ke gw gara2 nelpon cmn nanya masalah TA dan gw ‘tanpa sadar’ agak marah tp gw ngrasa ga marah. selang beberapa jam kemudian nyokap sms minta maaf ke gw. gw kaget donk perasaan nyokap ga salah apa2 ke gw.. jd ngerasa bersalah banget….
    maaf ibu…….

    Balas

  5. Posted by kjamnyadunia on 13 April 2009 at 02:16

    gw jd sedih kL igt gw srg g nurut sm 0rtu gw

    Balas

  6. Posted by shierra on 13 April 2009 at 02:17

    gambar yang paling bawah bikin qu takut n ingin nangis juga nih kak…sedih banget tuh..!!

    Balas

  7. Posted by luna on 13 April 2009 at 02:18

    pengen punya mama…. hikz..

    …. oh, semoga ia tenang disana.. Amiii..inn ….

    Balas

  8. Posted by acid on 13 April 2009 at 02:19

    mama… aku kangen bgt. pengen cepet2 pulang trus kita natalan bareng dirumah… ngumpul kayak dulu, becanda, ngebantuin mama masak di dapur. maafin anakmua ini yg ga lulus-lulus kuliah…

    ts bikin gua kangen ma nyokap nih, pengen cepet2 pulang. sumpah, mata gua berkaca2 pas nyimak ni tread…

    mama…

    Balas

  9. Posted by weni on 13 April 2009 at 02:32

    sumpah hampir nangis gw liat ini cerita

    mamaaa………………………………😦

    Balas

  10. Posted by kayla on 13 April 2009 at 02:33

    sedih bgd…

    pengen bgd bisa meluk ibu aq sekarang…

    huks :((

    Balas

  11. Posted by siapagerangandirinya on 13 April 2009 at 02:44

    Wadu..
    Malem2 baca ginian, ga kuat jadinya gan..
    I LOVE U MOM!

    Balas

  12. Posted by siiii on 13 April 2009 at 02:45

    kangen mama…..:(

    Balas

  13. Posted by nenk on 13 April 2009 at 12:29

    maksih yaaaa mas dah ngingetn akuuuu

    Balas

  14. Posted by aden on 15 April 2009 at 18:50

    duh jd pngen meluk IBU nie……

    Balas

  15. Posted by cha on 23 April 2009 at 21:28

    sedihnya nih cerita…
    kangen mama jadinya..
    makasih ya kak dah nyadarin aku

    Balas

Tinggalkan Balasan

