garuda ( lambang negara ) beneran ada??

garuda_pancasila

TERNYATA BURUNG GARUDA EMANG ADA!!!

Karena smua yang ada di kitab-kitab itu biasanya terinspirasi dari benda-benda nyata. Sama kaya tokoh wayang, fiktif semua, tapi idenyakan sosok manusia yang nyata. Jadi bener, burung garuda tuh rajawali atau elang jawa?

Ternyata burung garuda memang ada. Tidak fiktif. Manuk Dadali di sunda (atau bahasa kerennya falcon) bukan garuda. Elang Jawa juga bukan garuda, tapi rajawali. Burung garuda di dunia cuma ada 7 jenis. Yaitu Garuda Harpy (Harpy artinya dewi badai) di Amerika Selatan ada 4 jenis. Garuda Pemangsa Monyet di Philipina dan Garuda Pemangsa Kanguru di Irian atau Papua Barat dan Papua Nugini. Garuda Haast (Harpgornis morei) yang terbesar, pemangsa burung Moa dan suka mamangsa manusia dari suku maori di New Zealand. Garuda yang ini, ’baru saja’ musnah sekitar 1.000 tahun yang lalu. “Hokioi” demikian orang Maori menyebut Garuda New Zealand.

Garuda Haast bisa jadi merupakan burung terbesar yang pernah hidup, dengan rentang sayap mencapai 8-10 kaki (sedangkan Elang Emas betina (Golden Eagle) memiliki rentang sayap 8 kaki) dengan berat 33 pon atau sekitar 16 kg.

SEJARAH GARUDA

Spoiler for sejarah garuda:

SUMBER DARI WIKIPEDIA

Garuda adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa. Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.

Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.

Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.

Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.

================================================== =============

Nah….
banyak yang berpendapat kalo lambang negara kita sebenarnya adalah elang jawa….

Spoiler for elang jawa:

Elang Jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.


DAN TERNYATA BURUNG GARUDA…
BUKAN CUMA LAMBANG NEGARA INDONESIA AJA
TAPI LAMBANG NEGARA THAILAND JUGA

Spoiler for LAMBANG NEGARA:

================================================== =============

PIC GARUDA PANCASILA DALAM VERSI JADUL

Spoiler for jadul:

================================================== =============

PIC GARUDA DALAM VERSI HINDU

Spoiler for dalam versi Hindu:

================================================== =============

GARUDA DALAM VERSI EMAS/DUIT..

Spoiler for duit:

================================================== =============

GARUDA DALAM VERSI BANGUNAN

Spoiler for bangunan:

================================================== =============

GARUDA DALAM VERSI PARTAI

Spoiler for PARTAI:

================================================== =============

DALAM VERSi KARIKATUR

Spoiler for karikatur:

==================================================

About these ads

26 responses to this post.

  1. Posted by dot.com on 5 Mei 2009 at 13:27

    bukanya elang jawa itu lambang negara amrik ya?

    Balas

  2. Posted by nakut on 5 Mei 2009 at 13:27

    burung garuda emang ada gan..sering2 ke zoo napa..

    Balas

  3. Posted by dconz on 5 Mei 2009 at 13:30

    klo yg dipake gerindra burung apaan tuh ?

    “burungnya” prabowo ya :D

    Balas

  4. Posted by aniez on 5 Mei 2009 at 13:47

    Gak tau .. ada yang bilang asli, ada yang bilang mitos..

    Katanya wikipedia sih burung mitologis.. wahana nya dewa wisnu

    Balas

  5. Kalau Type Garuda Seperti Ini, Di Daerah saya sangat banyak. Namun hanya sebesar Itik/Bebek Jantan, dan Itu Warnag Buluhnya Coklat Tua, Biasanya menerkam Anak – babi dan anak, anjing

    Balas

  6. setahu saya emang ada kok…coba jalan 2x ke kebun binatang ragunan…di salah satu kandangnya,ada burung berwarna putih ke abu abuan yang bentuk fisiknya paling besar di antara jenis burung pemangsa yg ada di kebun binatang ragunan…..di papan namanya tertulis “GARUDA IRIAN JAYA”…..asal PAPUA….coba aja…benar benar burung yg seraaaammmm……..

    Balas

    • Posted by NK Wijaya on 26 Oktober 2009 at 17:43

      Aku kayaknya lebih setuju kalo di bilang dari Irian Jaya seperti mas Diki bilang, karena info yang saya dapat burung Garuda (elang) ntu melintas di Irian Jaya dan terlihat oleh Pres. RI yang pertama Soekarno saat di sana., gitu sih yang saya tahu.

      kalo masalah mitos ntu bukannya namanya “GHARUDHEA” ? kalo gak salah eja sih…XD

      Balas

  7. Posted by garuda khayalan on 20 Oktober 2009 at 14:21

    oi garuda tu khayalan donk.

    Balas

  8. Posted by NK Wijaya on 28 Oktober 2009 at 16:10

    Lihat ni Rajawali Papua/Elang Papua

    Nama Latin : Harpyopsis novaeguineae (Salvadori, 1875)
    Nama Inggris : Papuan Eagle

    http://burungpemangsa.blogspot.com/2009/07/rajawali-papua.html

    Balas

  9. Posted by NK Wijaya on 28 Oktober 2009 at 16:31

    Tapi lihat juga yang ni yang ada cuman di australia dan papua
    ni burung super besar Up to 100cm

    http://www.flickr.com/photos/iansand/768151426/sizes/o/

    Balas

  10. Posted by Herwan on 28 November 2009 at 19:56

    bukannya lambang negara kita itu garuda irian (bukan garuda jawa) yang ukuran nya 5x lebih besar dari garuda jawa n perawakannya mirip sama yang sering disimbolkan,, n sekarang udah punah

    Balas

  11. gua pnya burung GARUDA 1 ekor,… tapi bunyinya kok “KUKUruYuUuuK” yO????/?
    dia tu than BANTING n anti PECAH!!!!!
    brang siapa yg bermnat bli burung guA,, gua JUal 2,5 juta ajah per-kilonya….
    wassalam

    Balas

  12. dimana sich letak burung garuda itu aku ingin melihatnya sekarang juga

    Balas

  13. garuda emang keren bangets ya aku suka

    Balas

  14. macak ci

    Balas

  15. Posted by wira on 26 Desember 2010 at 02:50

    berarti Garuda itu mysterius yah… sama donk kaya indonesia negri yang penuh dengan misterius yg bikin ngangenin… bukan mistery y… hiyyy…

    Balas

  16. Posted by TOCITHA on 7 April 2011 at 21:48

    bener bro burung garuda itu ad,
    di brita juga ad setau w garuda di indonesia tgl 2 pasang karna sering di buru coz harganya sangat tinggi jadi tolong di jaga burung garuda atau ealng jawa jgn pernah di bodohi oleh mitos2 :O jgn sampai itu burung punah seperti Garuda Haast yg ad di amerika :O

    Balas

  17. belum ada fotonya
    masih antara percaya dan tidak percaya

    Balas

  18. Posted by pootik hibggc on 26 November 2012 at 02:44

    Klo mnuru w…………….” pjng crt ny, tp yg las. it bntng mitos yg dpercai olh org2 buda sbagai dewa. pda msa krjaan majapait pun lmbg it bgt populer . jd pd zaman,moderen in
    jg gx klah poplr” lambang negara ap lambg buda!!!!.

    Balas

  19. Posted by yohanes mado gromang on 28 April 2013 at 13:34

    kau tipuuuuuuuuuuuuuu aja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: