mobil-mobil kepresidenan

180px-late_model_ford_model_tSetiap pemimpin negara pada umumnya memiliki kendaraan dinas yang digunakan untuk keperluannya baik untuk kegiatan resmi, penyambutan tamu negara atau kegiatan-kegiatannya. Kendaraan yang digunakan umumnya memenuhi standar teknis seperti handal, tangguh, dan aman serta layak (dari segi kenyamanan) meski tingkatan yang dimilikinya berbeda satu-sama lain bergantung kemampuan suatu negara.

Dalam perjalanannya, mobil-mobil tersebut juga memiliki nilai dalam sejarah negara masing-masing. Seperti mobil Limousine bak terbuka yang ditumpangi John F. Kennedy saat ditembak Le Harvey Oswald yang menewaskannya.

Di Indonesia, mobil bernilai sejarah saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Diantaranya adalah Mobil Buick-8 dan DeSoto sebagai kendaraan dinas pertama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama Soekarno dan Mohammad Hatta.

imageaspx

RI 1. >>> mobil buick 8 >>kendaraan dinas Bung Karno

Mobil Buick-8, buatan Buick adalah Mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan pada masa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Digunakan sebagai kendaraan Dinas Presiden RI pertama Soekarno terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949.

Kisah mobil ini menjadi mobil kepresidenan cukup menarik. Mobil ini ditemukan pada tahun 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) oleh Sudiro, ketua Barisan Banteng. Ia sendiri paham bahwa mobil Buick-8 itu tidak hanya sembarang mobil, konon mobil itu adalah mobil terbagus di Jakarta saat itu. Tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia tersebut lantas mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno, sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk dinasnya sebagai Presiden dengan nomor polisi Rep-1.

de-soto-42-copy

RI 2 >>de sotto >>>kendaraan dinas Bung Hatta

Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil persiden RI, Mohammad Hatta. Berbeda dengan mobil Buick-8 yang merupakan hasil temuan di jalan, mobil ini hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu dengan maksud untuk membantu memobilisasi perjuangan disamping menghindari perampasan dari pihak Pendudukan Jepang di Indonesia. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta. Mobil ini sempat berpindah tangan dan oleh pemiliknya digunakan sebagai angkutan umum (oplet). Namun kemudian dibeli kembali oleh Mohammad Hatta dan direstorasi kembali dengan bantuan pengusaha Hasyim Ning. Itulah sebabnya mobil yang bernomor polisi Rep-2 ini, yang sudah menggunakan transmisi otomatis kondisinya tidak sebaik Buick-8 Rep-1 itu. Pada mobil ini, seperti buick-8, terdapat sekat kaca yang memisahkan supir dengan para penumpangnya. Berbeda dengan Buick-1 yang masih bisa digunakan, mobil DeSoto ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

brunei-bentleyrollsroyceferraripors

mobil kepresidenan Brunei Darusslam

czechrepublic-skoda

mobil kepresidenan republik ceko

indonesia-mercedes-benz-w140

mobil kepresidenan indonesia

germany-mercedesbenzs600and300

mobil kepresidenan jerman

france-renaultsafranebiturbo

mobil kepresidenan prancis

81

mobil presiden amerika

yang jelas,,,secanggih apapun mobil yang dirancang khusus untuk melindungi para presiden,,jika maut menjemput, maka mobil canggih itu tak akan berguna seperti contoh di bawah ini :

kecelakaan-mobil-lady-diana

About these ads

14 responses to this post.

  1. Posted by nasaruddin hafidz on 3 Mei 2009 at 22:08

    konsfirasi intel inggris membunuh diana-alfayed.

    Balas

  2. yaialah secanggih apapun mobil yg kita tumpangi kalo dah takdir mo dgimanain lg!!!!

    Balas

    • Posted by rudi on 15 September 2009 at 22:42

      putri diana adalah wanita tercantik di seluruh dunia…dia adalah wanita paling sempurna…semoga saja dia mendapat surga di sisi tuhan yang maha esa AMIN…

      Balas

  3. Posted by ujang on 26 Agustus 2009 at 16:44

    kasihan……

    Balas

  4. betul. tapi manusia harus berusaha mencanggihkan mobil kepresidenan.. diana mati kan karena disengaja, mungkin bukan karena maut jemput, mungkin mamat yang jemput. hehe

    Balas

  5. lady diana blm mati, tp ia msh tetap hidup brsama kita semua…
    hanya fisik(badan nya) yg mati, tp roh nya akan tetap abadi di dunia ini n lady diana sgt bhagia d khdpn stlah kmatian, yaitu dunia yg tak terlihat oleh kita, dunia itu biasa kita sebut sebagai dunia sesudah kematian…

    Balas

  6. Posted by nadya on 18 Oktober 2009 at 15:50

    mobil ya menujang aj..tp gk melindungi..

    Balas

  7. Posted by agus hardiyanto on 25 Oktober 2009 at 09:11

    Kendaraan yang baik hanya amal shaleh.

    Balas

  8. Poor diana,biarpun lady di, udh ga bareng kita2 lagi menikmati indahnya dunia ini,dia akan tetap di kenang sebagai “super woman”.

    Balas

  9. Posted by Anonymous on 1 Juni 2010 at 14:00

    Walaupun Ia sdh tdk ada, tapi Ia kan tetap hidup di hatiku slamnya……..

    Balas

  10. walaupun dia sudah tidak ada,tapi ia akan tetap hidup di hati ku selamanya……………………………

    Balas

  11. Posted by coe on 23 Agustus 2010 at 13:14

    jadi topiknya lady diana atau mobil-2 presiden?? heuheu..

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: